Demi Suksesnya Megengan Agung, Kang Abu Ajak Koordinasi Unsur NU dan Pemerintah

NUkabkediri.or.id – Dalam rangkaian kegiatan Satu Abad Nahdlatul Ulama’, PCNU Kabupaten Kediri beserta Badan Otonom dan Lembaga-Lembaganya mengadakan berbagai rangkaian kegiatan.Salah satu rangkaian kegiatan 1 Abad NU, panitia mengadakan kegiatan yang bertajuk “Megengan Agung” yang akan digelar di komplek wisata religi Makam Syaikh Abdullah Mursyad di Desa Bakalan, Kecamatan Grogol.

 

 

H. Abu Muslih (biasa disebut Kang Abu, didapuk menjadi Ketua Panitia dalam rapat Dewan Harian Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’ Kabupaten Kediri. Demi suksesnya acara, Kang Abu mengajak koordinasi semua unsur yang terkait, mulai dari ketua Lesbumi PCNU Kabupaten ¬†Kediri, ketua cabang JQH Kab Kediri, pengurus makam, Pengurus MWCNU Grogol, Pengurus Ranting NU desa Bakalan beserta Banom masing-masing, dan Kepala desa Bakalan untuk mempersiapkan segala sesuatunya di pendopo Makam Syaikh Mursyad pada Jum’at malam (10/03/2023).

 

Suasana yang hangat dan penuh kekeluargaan terjalin dalam obrolan santai tersebut. Bergantian peserta rapat mengajukan usulan dan saling menanggapi dengan disertai candaan-candaan kecil dan menghasilkan kesepakatan yang diterima oleh semua pihak.

 

Disepakati dalam rapat ini rangkaian acara Megengan Agung diawali dengan pembacaan Al Qur’an bil ghaib yang dilaksanakan oleh hafidz-hafidzah yang ada di kecamatan Grogol mulai pukul 05.30-14.00 Wib bertepatan tanggal 19 Maret 2023.

 

Rangkaian acara berikutnya adalah Kirab Tumpeng Songo dan Bekti Tahlil yang dikomando oleh Lesbumi PCNU kabupaten Kediri. Acara ini berisi arak-arakan masa dengan membawa tumpeng berjumlah 9 dan diakhiri dengan pembacaan tahlil.

 

Pada malam harinya dilanjutkan dengan pembacaan Al Qur’an oleh hafidz-hafidz pilihan dengan suara yang merdu dan lagu berciri khas Timur Tengah dan ditutup dengan mauidzah hasanah oleh Rais Syuriyah PCNU Kab. Kediri. Dalam koordinasi tersebut juga diputuskan untuk dibentuk panitia lokal yang terdiri dari semua unsur yang diundang.

Penulis : Indix Muchtar

Editor : Imam Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *