by

MWCNU Kecamatan Semen Bersama KUA Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat

NUkabkediri.or.id -Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama MWCNU Semen melakukan kerjasama dengan Kantor Urusan Agama KUA Kecamatan Semen dalam agenda pelatihan penentuan arah kiblat di Aula pukul 09:00 WIB pada Selasa, (21/09)

 

Abdul Mannan selaku penyuluh agama Islam KUA Semen menjabarkan jika kegiatan tersebut diikuti oleh 20 orang. Masing-masing 12 orang dari delegasi setiap desa anggota MWCNU sedangkan 8 orang lainya perwakilan penyuluh KUA semen dan H.Agus Salim, S.Ag, M.H Kepala KUA Ngadiluwih selaku narasumber. “Kurang lebih 20 peserta yang berpartisipasi acara tersebut” ungkapnya

 

Alumni kampus Institut Agama Islam Negeri IAIN Kediri menegaskan jika pelatihan tersebut diadakan dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat baik sebelum peserta memasuki acara maupun didalam ruangan. “Peserta harus cuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak.” imbuhnya

 

  1. Arif Efendi, S.Sos selaku Ketua MWC NU Kecamatan Semen mengucapkan terimakasih dan berharap kedepan kerjasama yang sangat bermanfaat seperti ini akan bisa dilaksanakan dalam bentuk bentuk pelatihan-pelatihan yang lain.

“Terimakasih kepada KUA Semen yang telah mengajak kerjasama dalam menyelenggarakan acara pelatihan ini” terangnya

 

M.Rizal Zakaria Kepala KUA Semen menyampaikan jika pelatihan ini diharapkan dapat membentuk kader muslim yang secara mandiri dapat mengukur arah kiblat rumah ibadah di wilayahnya masing-masing.

“Hasil dari pelatihan ini akan menghasilkan kader Pengukur Arah Kiblat disetiap desa di wilayah Kecamatan ¬†Semen, sehingga masjid, musholla dan makam sudah disertifikasi arah kiblatnya.”

 

H.Agus Salim selaku pemateri menambahkan jika pelatihan menggunakan metode Aulatis dianggap metode yang sangat sederhana namun akurat dalam menemukan arah kiblat karena dengan alat sederhana dengan dibantu bayang-bayang matahari.” menggunakan bayang-bayang dan data matahari.” Ucapnya. (dul)

 

Penulis : Abdullah

Editor : Imam Mubarok

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita