by

Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah, MWC NU Kecamatan Grogol Gelar Tahtimul Qur’an.

Nukabkediri.or.id – Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Grogol melaksanakan kegiatan Tahtimul Qur’an dalam rangka Megengan Akbar serentak atas himbauan Pengurus Cabang NU (PCNU) kabupaten kediri.

 

Kegiatan ini  sebagai wujud gerakan bersama menyambut bulan suci ramadhan 1442 Hijriyah. Kegiatan dilaksanakan tepat pukul 06.30 WIB di Kantor MWC NU kecamatan Grogol Jalan Raya Kediri-Nganjuk Desa Bakalan.

 

“Megengan itu sebenarnya artinya menahan, yaitu menahan dari sifat marah, iri, dengki, lafad, dan menahan dari semua hal yang membatalkan puasa ramadhan. Sejarah awal melaksanakan megengan sejak datangnya Wali Songo, yang dipadukan oleh Sunan Kalijogo sebagai bentuk akulturasi budaya antara budaya islam dan budaya lokal yakni hindu di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jadi yang banyak melaksanakan megengan itu ya di Jawa Timur dan JAWA TENGAH. Ini dimulai sejak zamannya Sunan Kalijogo.” Kata Drs.H.Komarudin selaku ketua MWC NU Kecamatan Grogol.

 

Hari ini disetiap ranting baik di mushola maupun masjid melaksanakan tahtimul Qur’an atas instruksi dari PCNU kabupaten kediri lewat MWC NU kecamatan Grogol. Setiap kecamatan mengadakan Tahtimul Qur’an Bil Ghaib dan  Bin Nadhar dilakukan oleh seluruh kecamatan dari 26 kecamatan se Kabupaten Kediri. Sebagai malam penutup Megengan Akbar atau Tasyakuran akan di laksanakan di Kantor PCNU Kabupaten Kediri.

 

Kegiatan ini disambut antusias oleh pengurus MWC NU , PAC Banom, Muslimat, dan lembaga NU di kecamatan Grogol dalam acara Tahtimul Qur’an menyambut bulan suci ramadhan 1442 Hijriyah.

 

“Dengan adanya Tahtimul Qur’an ini mudah-mudahan NU kedepan dapat mewadahi generasi generasi hafidz hafidzah. Sebenarnya hari ini acara Tahtimul Qur’an sudah dikumpulkan 2000 hafidz hafidzah seluruh Kabupaten Kediri yang akan dikirim ke Semua MWC NU 4 orang hafidz hafidzah. Tetapi saya ingin memanfaatkan acara ini untuk dapat berkumpul bersama melaksanakan Tahtimul Qur’an. Akhirnya saya mengundang bapak ibu semuanya turut menghadiri acara ini.” Kata Drs.H.Komarudin, selaku ketua MWC NU kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. (rio)

 

Penulis : Bagus Satrio

Editor : Imam Mubarok

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita