by

Kumpulkan Para Amil, LAZISNU Desa Gedangsewu Gelar Kajian Fiqih Dengan PC LBM NU Kabupaten Kediri

nukabkediri.or.id – Unit Pengelola Zakat Infaq dan Shodaqoh Ranting NU Care-LAZISNU Desa Gedangsewu Kecamatan Pare melaksanakan kajian fiqih kepada para amil masjid dan mushola se-Desa Gedangsewu di Masjid Al Hidayah Talun,  Sabtu (6/3).

 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program MDA (Madrasah Amil) yang diselenggarakan oleh UPZIS Ranting Gedangsewu Kecamatan Pare. Para peserta kegiatan ini  merupakan mereka yang selama ini mendapat tugas sebagai amil di masjid maupun musholla pada wilayah Desa Gedangsewu.

 

Dengan harapan kedepan mereka sudah siap melaksanakan pengelolaan zakat secara syar’i.  Selain itu  dapat mensosialisasikan bahwa berzakat melalui NU Care-LAZISNU adalah solusi dalam menunaikan zakat secara syar’i sekaligus sesuai aturan yang berlaku di NKRI.

 

Acara ini merupakan pertemuan sesi ke-3 dari beberapa kali pertemuan yang sudah berjalan. Bertindak sebagai pemateri Kyai Syaifuddin Zuhri dan Kyai Ulum dari Lembaga Batsul Masa’il PCNU Kabupaten Kediri.

 

Materi yang telah disampaikan sangat bermanfaat untuk mendalami dan menjawab persoalan di lapangan terkait zakat. Terbukti dari para peserta yang sangat antusias merespon materi yang disampaikan sehingga tercipta dialog yang menarik.

 

Hal senada diakui juga oleh pemateri, menurut pemateri bahwa peserta disini termasuk semangat dalam mengikuti kegiatan. “Luar biasa antusias dari para peserta, semoga bisa bermanfaat serta bisa mengamalkannya di masjid dan mushola masing-masing” ujar Kyai Syaifudin.

 

Acara kemarin dimulai pukul 20.00 WIB Bakda Isyak dan selesai sekitar pukul 22.30 WIB. Kegiatan sendiri dibtasi  maksimal 50 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Menurut Nur Hasyim selaku Ketua UPZIS MWC NU Care-LAZISNU Kecamatan Pare,    acara semacam ini sangat positif dilaksanakan.  Terlebih banyak dari peserta yang mampu merespon materi yang disampaikan sehingga terjadi diskusi yang menarik disana.

 

Selain itu juga Nur Hasim sangat mendukung acara semacam itu untuk menjadi kebutuhan bagi para amil zakat di lingkungan Kecamatan Pare.

 

“Acara sangat membantu warga dalam memahami perihal syariat zakat karena ternyata muncul banyak persoalan yang terjadi di lapangan yang selama ini berjalan begitu saja, dapat terjawab di forum tersebut. Meskipun kondisi gerimis Alhamdulilla tidak mengurangi semangat untuk hadir dan mengikuti kegiatan dengan hikmat” kata Hasyim

 

Harapan serupa juga disampaikan oleh Arif Taqiyudin selaku Ketua UPZIS Ranting NU Care-LAZISNU Desa Gedangsewu. Apa yang dilakukan ini merupakan keinginan  semua pengrus  masjid dan mushola . Sebab bisa mengetahui bersama tentang pengelola zakat sesuai syariat.  (mat)

 

Penulis : Ahmad N (mamat)

Editor : Imam Mubarok

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita