by

Pelatihan Pembuatan Laporan Digital, LAZISNU Kabupaten Kediri Undang UPZIS MWC

nukabkediri.or.id – PC NU Care-LAZISNU Kabupaten Kediri menyelenggarakan pelatihan pembuatan laporan digital yang diikuti Unit Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah (UPZIS) MWC NU di Markas LAZISNU,  Sabtu (6/3),

 

Sebagai penyelenggara pengelola zakat, infaq dan shodaqoh, LAZISNU harus melaporkan pengelolaannya selama satu semester sekali sesuai aturan organisasinya. Namun dalam perjalanan organisasi untuk menyelenggarakan laporan masih berat dilakukan karena laporan yang selama enam bulan harus dikebut dalam kurun waktu beberapa hari untuk semua tingkatan LAZISNU.

 

Gus Badrul Munir selaku Ketua LAZISNU Kabupaten Kediri mengharapkan pada peserta untuk melaksanakan tugas pelaporan menggunakan format baru yang dirilis oleh Pengurus Pusat LAZISNU beberapa bulan yang lalu.

 

Yakni untuk mengintegrasikan laporan di semua tingkatan mulai ranting, MWC, dan PC  disepakati menggunakan salah satu layanan dari google.

 

“Untuk pelaporan nanti diharapkan sesederhana mungkin sehingga saya harap yang penting semua dilaporkan mulai dari JPZIS, UPZIS Ranting dan MWC. Mohon maaf kita belum bisa menggunakan format laporan online milik Kabupaten Kediri yang sebenarnya sudah kita jalankan selama kurang lebih dua tahun ini. Hal ini  dikarenakan format baru dari pusat mengharuskan kita menata kembali  database laporan online kita”. ungkap Badrul

 

Pelatihan ini diisi oleh Margo Ridho Leksono selaku Kepala Divisi IT PC NU Care-LAZISNU Kabupaten Kediri.  “Kita disini belajar bersama saja, kita dari PC seolah-olah memang belum memahami dan bisa saling memberikan masukan untuk format yang lebih baik” kata Ridho.

 

Kegiatan yang dilakuksn selama empat jam ini dihadiri dari UPZIS MWC NU Care-LAZISNU Puncu, Tarokan, Kayen Kidul dan Ringinrejo yang diwaliki oleh bendahara dan devisi IT masing-masing.

 

Dalam proses selanjutnyya  akan dijadualkan selama 5 kali pertemuan sampai sebelum bulan Ramadan. Ditargetkan kegiatan ini untuk UPZIS MWC NU se-Kabupaten Kediri yang berbeda dan dilaksanakan disetiap hari Sabtu di markas NU Care-LAZISNU Kabupaten Kediri.

 

Hendri Suryawijaya, salah satu peserta dari tim IT UPZIS MWC NU Care-LAZISNU Kecamatan Puncu, mengapresiasi atas kegiatan pelatihan ini . Dirinya berharap dibuatkan grup khusus dari PC untuk tim IT dan bendahara agar memudahkan dalam komunikasi terkait pelaporan keuangan tersebut. “Menurut saya kegiatan pelatihan ini bagus untuk meningkatkan kemampuan rekap keuangan. Dan sepertinya perlu dibuat group khusus tim IT dan bendahara se-Kabupaten Kediri sehingga bisa saling sharing dan koreksi bila ada kendala dalam pelaporan” kata Hendri. (mat)

 

Penulis : Ahmad N (Mamat)

Editor : Imam Mubarok

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita