by

Ngaji Matan Abi Syuja’ (Matn al Ghoyah wa at Taqrib) 10-1

قال المؤلف رحمه الله
وسننه عشرة أشياء التسمية وغسل الكفين قبل ادخالهما الإناء والمضمضة والاستنشاق ومسح جميع الرأس ومسح الأذنين ظاهرهما وباطنهما بماء جديد وتخليل اللحية الكثة وتخليل اصابع اليدين والرجلين وتقديم اليمنى على اليسرى والطهارة ثلاثا ثلاثا والموالاة
“Dan sunnah wudlu itu ada 10 perkara, yaitu membaca basmalah, membasuh kedua telapak tangan sebelum memasukkan keduanya ke dalam wadah (air), madlmadloh, istinsyaq, mengusap seluruh kepala, mengusap dua telinga baik bagian luar maupun dalamnya dengan air yang baru, menyela-menyela jenggot yang tebal (bagi laki-laki), menyela-nyela jari-jari dua tangan dan jari-jari dua kaki, mendahulukan bagian yang kanan atas yang kiri, bersuci tiga kali tiga kali dan muwalah”

*Penjelasan*
✅ Al Muallif menjelaskan tentang sepuluh sunnah wudlu, yaitu:
1⃣ Membaca basmalah
👆Minimal membaca بسم الله, dan sempurnanya membaca بسم الله الرحمن الرحيم.
👆Apabila lupa membaca basmalah di awal wudlu maka kesunnahan masih bisa didapatkan dengan membacanya di pertengahan wudlu.

2⃣ Membasuh kedua telapak tangan sebelum memasukkan keduanya ke dalam wadah (air)
👆Dilakukan sebelum berkumur-kumur (madlmadloh)
👆dua telapak tangan yang dibasuh adalah sampai pada pergelangan telapak tangan.
👆Membasuh kedua telapak tangan dilakukan sebelum memasukkan dua telapak tangan ke dalam wadah air, yakni jika airnya kurang dari dua qullah.
⛔️Jika seseorang tidak membasuhnya maka dimakruhkan baginya untuk memasukkan kedua telapak tangannya ke dalam wadah air. Namun jika yakin kedua telapak tangannya itu suci maka tidak dimakruhkan untuk dimasukkan dalam wadah air tersebut.

4⃣ Madlmadloh
👆Dilakukan setelah membasuh kedua telapak tangan
👆Dalam madlmadloh minimal dengan memasukkan air ke dalam mulut. Sempurnanya madlmadloh adalah diiringi dengan memutar-mutar air dalam mulut kemudian mengeluarkannya dari dalam mulut.

5⃣ Istinsyaq
👆Dilakukan setelah berkumur-kumur
👆Dalam istinsyaq minimal dengan memasukkan air ke dalam hidung. Sempurnanya istinsyaq adalah diiringi dengan menyedot air tersebut sampai ke khoisyum (pangkal hidung) kemudian mengeluarkannya dari hidung.
👆Lebih utama apabila seseorang melakukan madlmadloh dan istinsyaq secara bersamaan.

6⃣ Mengusap seluruh kepala
👆Batas kepala adalah mulai dari tempat tumbuhnya rambut menurut ukuran normal sampai bagian yang melekuk ke dalam di atas leher (qofa).
⛔️ Perhatian: membasuh kepala sebagai ganti dari mengusap kepala adalah bertentangan dengan sunnah.
👆Mengusap kepala sebanyak tiga kali adalah sunnah
👆Mengembalikan usapan kepala adalah sunnah
👆Orang yang berwudlu meletakkan dua ibu jarinya (jempol) di atas dua telinga kemudian menempelkan dua jari telunjuknya pada kepalanya dan menggerakkannya sampai bagian akhir kepala kemudian mengembalikannya lagi ke bagian depan kepala.

Bersambung

والله أعلم بالصواب
#DAKWAH LDNU KAB KEDIRI
Https://t.me/KitabMatanAbuSyuja

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita