Inilah Berbagai Kegiatan Maulid Nabi di YPSI Zainul Hasan Pare, Dari Lomba Kaligrafi Hingga Lomba Sholawatan

Warta MWC249 Views

NUkabkediri.or.id – Yayasan Pendidikan Sosial dan  Islam (YPSI) Zainul Hasan (07/10/2022) memperingati Maulid Nabi atau sering disebut Muludan 12 Rabiul Awwal 1444 H. Kegiatan maulid Nabi  yanng diikuti  Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah ini dilakukan di aula.

 

Acara maulid juga diisi dengan berbagai kegiatan antara lain  lomba Kaligrafi dan lomba sholawatan . “Hari pertama mengadakan lomba kaligrafi dan lomba sholawatan. Ini adalah suatu momentum untuk mendorong siswa agar menyukai kaligrafi dan menyukai sholawatan di era digital ini. Di era digital khususnya anak muda menyukai lagu barat daripada lagu-lagu religi, ini adalah langkah awal untuk lebih menyukai lagu religi”. ”. Kata Rosa  ketua pelaksana kegiatan.

Kegiatan kedua , siswa-siswi membaca Diba’ sebagai bentuk melestarikan tradisi  NU terdahulu. Selain itu siswa-siswi diharuskan membawa berkat (nasi kotak). ”Bahwasanya Madrasah Zainul Hasan tidak meninggalkan tradisi para ulama’ nu terdahulu termasuk tahlilan dibaiyah manakip dll, karena berkat perjuangan para tokoh NU terdahulu kita mengenal budaya dan tradisi yg mengandung filosofi tinggi didalamnya termasuk tahlil dan dibaiyah”. Kata   Imam Mudaim,S.Ag Kepala Madrasah Tsanawiyah.

 

Selesai membaca diba’ ada tausiyah oleh ketua Yayasan Drs. H.Moh Zaini dan di akhiri dengan penyerahan hadiah perlombaan. Dalam tausiyahnya Moh Zaini  menjelelaskan barokah membaca bersholawat nabi, “Kalian siswa siswi Zainul Hasan harus sering bersholawat agar hidupnya penuh berkah, penuh ketenangan dalam menjalankan kegiatan setiap hari dan selalu diberi petunjuk sehingga menjadi barokah dunia dan akhirat”. Ujarnya (dul)

 

Penulis : Abdullah

Editor : Imam Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *