by

Bersama-Sama Merekrut Anggota, IPNU IPPNU di Kecamatan Banyakan dan Kandat Adakan MAKESTA

Makesta di Kandat Kediri pada 18-19 Desember 2021 (foto : Yansa)

NUkabkediri.or.id – Gelaran Masa Kesetiaan Anggota atau disingkat dengan MAKESTA merupakan sebuah pelatihan kaderisasi formal tingkat pertama yang ada pada tubuh salah satu Badan Otonom (Banom) NU yaitu Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU).

 

Salah satu kegiatan dalam Makesta

Pada kegiatan tersebut, dikenalkan pelbagai macam materi yang mendasar mengenai organisasi yang akan diketahui oleh para peserta. Moment pengenalan organisasi ini menjadi penting pada tubuh organisasi IPNU IPPNU karena semua berawal dari pandangan pertama.

 

Ketika pandangan pertama saja mengenai organisasi dirasa kurang menarik dan kurang begitu disukai, maka calon anggota yang akan direkrut menjadi tidak bersemangat lagi untuk mengikuti organisasi pasca pelatihan nanti.

 

Untuk itulah, MAKESTA menjadi tolak ukur mendasar bagi setiap tingkatan organisasi IPNU IPPNU agar bisa menjadi momentum yang harus berkesan bagi para anggota baru agar mereka dapat semakin penasaran dan bersemangat dalam organisasi kedepan.

 

Kegiatan diadakan di dua tempat yakni di  Masjid Baitul Rahim Desa Ngablak Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri dan Masjid Shirotol Mustaqiem Desa Kandat Kecamatan Kandar pada Sabtu (18/12) hingga Ahad (19/12).

 

Untuk Kecamatan Banyakan  IPNU IPPNU yang hadir  terdiri dari tiga pengurus Pimpinan Ranting (PR) Ngablak, Sendang dan Jabon dengan total peserta  100 orang. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Kandat peserta dari perwakilan Ranting Kandat, Selosari, Cendono, Sumberjo dan Karangrejo dengan jumlah peserta kurang lebih 80 orang.

 

Kegiatan yang diberi tema “Mencetak Kader IPNU IPPNU Bermartabat, Ulet, Cerdas, Inspiratif dan Nasionalis” ini mendapatkan respon yang luar biasa bagi para peserta yang mengikutinya sampai akhir.

 

Terbukti dengan semangat serta antusias para peserta yang tidak meninggalkan ruangan pelatihan hingga dikukuhkan secara sah sebagai anggota baru IPNU IPPNU.

 

M Fani Arridho selaku Ketua PAC IPNU Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri menyampaikan pesan kepada peserta bahwa IPNU IPPNU hari ini adalah sebagai penggerak Nahdlatul Ulama di masa yang akan datang sehingga pada saat ini pula harus menata niat agar kedepan tidak salah jalan mumpung masih awal.

 

“Rekan Rekanita yang kami banggakan, IPNU IPPNU merupakan agent of change nya NU, yang nantinya dapat menjadi penggerak keberhasilan dan kesuksesan pemuda NU di masa depan sehingga mari kita bersama untuk menata niat kita dalam berkhidmat pada organisasi yang kita cintai saat ini.” ungkap M Fani Arrido, Ketua PAC IPNU Banyakan.

 

Sementara itu Yansa Ketua IPNU dan Hasnul Ketua IPNU dan IPPNU Ranting Kandat sekaligus panitia Makesta menyampaikan bahwa NU terus melahirkan generasi-generasi yang memiliki karakter tawasuth, tawazun, i’tidal dan tasamuh.

 

“Maka ini akan sesuai tema yakn membentuk generasi IPNU IPPNU dengan berdasarkan CINTA (cerdas, ilmiah, nasionalisme, tanggung jawab dan agamis) dalam bingkai aswaja,” kata Yansa didampingi Hasnul saat menyampaikan ke www.nukabkediri.or.id  (nur)

 

Penulis : Ahmad Nurrohman

Editor : Imam Mubarok

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita