by

KOMINFO bersama Tokoh Pelajar NU Ajak Milenial untuk Bijaksana dalam Budaya Digital

Nukabkekediri.or.id – Webinar Literasi Digital Kabupaten Kediri dengan Tema Menjelajah Alam Digital yang Luas diselenggarakan dalam rangka membuka wacana berfikir generasi muda di Kabupaten Kediri, Kamis (16/9).

 

 

Kegiatan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ir. Andre Parvian Aristio, Ahmad Roy Rohmadi, Wijaya Kusumah, Pradipta Nugrahanto dan Ulfa Merdeka.  1.021 peserta mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir kegiatan.

 

 

 

Dalam kegiatan ini, Ahmad Roy Rohmadi menerangkan adanya budaya baru yang perlu diadaptasi oleh masyarakat. Yakni, menjadi warga digital pada berbagai platform.

 

Menurutnya, ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika menjadi warga digital yang berbudaya. Ia menyebut tiga hal untuk membudidayakan bertutur baik di dunia digital.

 

Pertama, memastikan tidak menyerang individu lain. Kedua, menghindari memberikan informasi bohong agar mendapatkan perhatian. Ketiga, tidak perlu mengomentari semua hal.

 

“Ini menjadi penting untuk kedewasaan warga digital Indonesia,” ungkap Roy, Wakil Sekretaris IPNU Kabupaten Kediri.

 

Ia menjelaskan kecenderungan masyarakat yang masih senang mengomentari semua hal harus mulai mendapatkan perhatian. Dikhawatirkan malah akan menjadi bumerang sehingga mengakibatkan saling menyerang antar pribadi.

 

Khususnya, penggunaan media sosial, Roy berharap masyarakat memiliki dua sikap yang penting diperhatikan. Roy menilai masyarakat yang sudah beradaptasi dengan digital harus memiliki pikiran kritis dan meminimalisir unfollow atau memblokir pertemanan. Karena, akan mempunyai kecenderungan saling bermusuhan di media sosial.

 

“Jelas sikap kritis yang perlu diperhatikan masyarakat, sehingga selain tambah dewasa, masyarakat juga semakin bijaksana dalam bermedia sosial,” imbuhnya.

 

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab.

 

Selain itu untuk  meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa. (zim)

 

Penulis : Azim

Editor : Imam Mubarok

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita