Jalin Silaturahmi Antar Warga, Pengurus Ranting NU Babadan Gurah Gelar Buka Bersama

news, Warta MWC146 Views

Nukabkediri.or.id – Pengurus Ranting NU Dusun Babadan Desa Sumbercangkring Kecamatan Gurah menyelenggarakan kegiatan buka bersama dengan warga untuk jalin silaturahmi dan kebersamaan di Masjid Al Hidayah. Kamis (15/4),

 

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang telah direncanakan oleh Pengurus Ranting NU Babadan,  dalam rangka mengisi waktu luang sebelum waktu berbuka puasa bulan Ramadhan. Setiap warga diberikan undangan pada pukul 16.30 WIB.

 

Rangkaian acara dari pembukaan, pembacaan kalimat toyyibah tahlil,  istighosah, mauidhoh hasanah, doa serta berbuka puasa bersama dan ditutup dengan sholat magrib berjamaah.

 

Ustadz Abdul Hakim selaku Ketua Tanfidziyah Ranting NU Babadan mengatakan bahwa kegiatan kali ini merupakan lanjutan kegiatan rutin malam Jum’at,  yaitu jamaah yasinan.

 

Dimana kegiatan rutinan tersebut  diganti dengan waktu menjelang berbuka puasa karena tiap masjid dan mushola sudah menyelenggarakan kegiatan malam pada bulan suci Ramadhan masing-masing.

 

“Kegiatan niki sampun rutin tiap tahun diadakan oleh Ranting NU Babadan teng bulan Suci Romadhon. Yang mana lanjutan saking kegiatan yasinan malam Jum’at puniko” ungkap Kang Hakim saapan akrab Ustad Abdul Hakim.

 

Pembacaan kalimat toyyibah tahlil dipimpin oleh Imam Mahdi selaku Rois Syuriah Ranting NU Babadan, dan do’a dipimpin oleh Haji Rojak selaku sesepuh Dusun Babadan.

 

Sementara mauidhoh hasanah diberikan oleh Ustadz Abdul Hakim. Kegiatan yang pertama di  Bulan Ramadhan ini dihadiri oleh sekitar 50 orang dan selanjutnya  akan bergilir setiap hari Kamis di mushola atau masjid Dusun Babadan

 

Dalam pemaparannya, Kang Hakim memberitahukan ke warga pentingnya bersholawat kepada Nabi Agung Muhammad SAW, kewajiban sholawat telah termuat dalam surat Al Ahzab ayat 56 yang artinya, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu membaca shalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sebenar-benarnya salam.”

 

“Gusti Alloh lan malaikat mawon sholawat dateng Kanjeng Nabi Muhammad, mulo kito umat Islam ingkang kagungan iman monggo sareng-sareng maos sholawat mugi-mugi mengke teng yaumil qiyamah saget angsal ganjaran lan diparingi syafaat saking Rosululloh SAW, aamiin.” tambahnya. (nur)

 

Penulis : Ahmad Nurrohman

Editor : Imam Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *