by

Makna Basmallah

https://www.facebook.com/LDNUPCKEDIRI/videos/422100972229303/

Ngaji Matan Abu Syuja’ 1

قال المؤلف رحمه الله:
بسم الله الرحمن الرحيم

“Aku memulai dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Penjelasan
✅Pengarang matan yang terkenal dengan sebutan matan al ghoyah wa at taqrib dan matan abi syuja’ ini adalah Syekh abu Syuja’ Ahmad bin Husein bin Ahmad al Ashfahani
☝️Al Ashfahani adalah nisbat ke sebuah kota di Iran yang bernama Ashfahan (Isfahan)

♦️Syekh abu Syuja’ semasa hidupnya selain terkenal sebagai orang yang alim, beliau juga terkenal sebagai orang yang saleh dan ahli ibadah, sehingga beliau pernah menjabat sebagai qadli kemudian menteri agama kemudian beliau hijrah ke Madinah dan tinggal disana.

♦️Syekh abu Syuja’ meninggal pada usia 160 tahun tanpa ada cacat pada anggota badannya. Semasa hidupnya beliau pernah ditanya ihwal kesehatan dan keutuhan badannya, beliau menjawab: “aku jaga tubuhku dari berbuat maksiat pada waktu kecil sehingga Allah menjaganya pada waktu tua.”

✅ Beliau memulai karangannya dengan basmalah karena mengikuti al Quran dan anjuran Rasulullah ﷺ .
▪Rasulullah bersabda:
كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه ببسم الله فهو أقطع
“setiap perkara mulia yang tidak dimulai dengan menyebut nama Allah maka kurang berkah”

❤️Lafadz jalalah الله adalah nama bagi Dzat yang pasti adanya, yang disifati dengan setiap sifat kesempurnaan yang layak bagi-Nya dan mustahil bagi-Nya setiap sifat kekurangan.

⛔Diantara sifat kekurangan adalah sifat yang berlaku bagi makhluk seperti lemah, butuh pada yang lain, fana, berubah dan bertempat, maka Allah mustahil bersifat dengan setiap sifat tersebut.
☝️Allah ta’ala berfirman:
ليس كمثله شيء
“Dia (Allah) tidak menyerupai sesuatu pun dari makhluk-Nya dan tidak ada sesuatu pun dari makhluk-Nya yang menyeruai-Nya baik dari satu segi maupun semua segi”

♦️Lafadz jalalah الله, lamnya wajib dibaca mad (panjang/min. 2 harokat) dan tidak boleh membuang ha’nya sehingga menjadi اللا.

❤️ Ar Rahman artinya Dzat yang banyak rahmat-Nya pada orang-orang mukmin dan orang-orang kafir di dunia dan mengasihi orang-orang mukmin saja di akhirat.

❤️ Ar Rahim artinya Dzat yang banyak rahmat-Nya kepada orang-orang mukmin saja.

والله أعلم بالصواب

DAKWAH LDNU KAB KEDIRI

t.me/KitabMatanAbuSyuja
t.me/ldnupckediri

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita