by

Iman Kepada Para Malaikat | Malaikat Mikail, Israfil dan Azroil

Ngaji Kitab Aqidatul Awam 20

قال المؤلف رحمه الله تعالى:
تفصيل عشر منهم جبريل # ميكال اسرافيل عزرائيل
“Rincian sepuluh dari para malaikat adalah Jibril, Miikal, Israfil, Azrail”.

Penjelasan
✅ As Syaikh Ahmad al Marzuki menyebutkan 10 nama malaikat, yaitu:
1⃣Jibril
♦️Nama malaikat Jibril disebutkan beberapa kali dalam al Qur’an, di antaranya firman Allah ta’ala:
قُلۡ مَن كَانَ عَدُوࣰّا لِّجِبۡرِیلَ فَإِنَّهُۥ نَزَّلَهُۥ عَلَىٰ قَلۡبِكَ بِإِذۡنِ ٱللَّهِ مُصَدِّقࣰا لِّمَا بَیۡنَ یَدَیۡهِ وَهُدࣰى وَبُشۡرَىٰ لِلۡمُؤۡمِنِینَ
[Surat Al-Baqarah 97]
“Katakanlah (Muhammad), barang siapa menjadi musuh Jibril, maka ketahuilah bahwa dialah yang telah menurunkan Al Qur’an ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan kitab-kitab yang terdahulu, dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman”.

♦️Nama lain Jibril adalah الروح sebagaimana firman Allah ta’ala:
تَنَزَّلُ ٱلۡمَلَـٰۤىِٕكَةُ وَٱلرُّوحُ فِیهَا بِإِذۡنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمۡرࣲ
[Surat Al-Qadar 4]
“Para malaikat dan ar Ruh (Jibril) turun di malam Qodr dengan izin tuhannya untuk mengatur semua urusan”.

♦️Jibril adalah salah satu pemimpin para malaikat dan Rasul di antara mereka. Beliau adalah guru dari Rasulullah ﷺ. Allah ta’ala berfirman:
عَلَّمَهُۥ شَدِیدُ ٱلۡقُوَىٰ
[Surat An-Najm 5]
“(Jibril) yang sangat kuat telah mengajari Rasulullah”.

♦️Jibril adalah Amiin al Wahyu, malaikat yang dipercaya untuk menurunkan wahyu, termasuk al Qur’an al Karim. Allah ta’ala berfirman:
وَإِنَّهُۥ لَتَنزِیلُ رَبِّ ٱلۡعَـٰلَمِینَ ۝ نَزَلَ بِهِ ٱلرُّوحُ ٱلۡأَمِینُ
[Surat Asy-Syu’ara 192 – 193]
Sesungguhnya (al Qur’an) ini benar-benar di turunkan oleh Tuhan alam semesta, yang dibawa turun oleh ar Ruh al Amin (Jibril)”

♦️Malaikat Jibril memiliki 600 sayap, jika satu sayapnya dikibarkan maka seluruh ufuk Timur dan barat akan tertutup. Beliau adalah malaikat yang memiliki kekuatan yang sangat luar biasa. Allah ta’ala berfirman:
إِنَّهُۥ لَقَوۡلُ رَسُولࣲ كَرِیمࣲ ۝ ذِی قُوَّةٍ عِندَ ذِی ٱلۡعَرۡشِ مَكِینࣲ
[Surat At-Takwir 19 – 20]
Sesungguhnya al Qur’an adalah bacaan utusan yang mulia (Jibril), yang memiliki kekuatan, yang memiliki kemuliaan menurut Dzat yang memiliki Arsy“.

2⃣ Mikaal (Mikail)
♦️Nama malaikat Miikail disebutkan dalam firman Allah ta’ala:
مَن كَانَ عَدُوࣰّا لِّلَّهِ وَمَلَـٰۤىِٕكَتِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَجِبۡرِیلَ وَمِیكَىٰلَ فَإِنَّ ٱللَّهَ عَدُوࣱّ لِّلۡكَـٰفِرِینَ
[Surat Al-Baqarah 98]
Barang siapa menjadi musuh Allah, malaikat – malaikatnya, Rasul-Rasul-Nya, Jibril dan Mikail maka sesungguhnya Allah adalah musuh bagi orang-orang yang kafir”.

♦️Dalam hadits malaikat Miikaal disebut dengan Mikail, sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ:
رَأَيْتُ اللَّيْلَةَ رَجُلَيْنِ أَتَيَانِي قَالَا الَّذِي يُوقِدُ النَّارَ مَالِكٌ خَازِنُ النَّارِ وَأَنَا جِبْرِيلُ وَهَذَا مِيكَائِيلُ.
Aku bermimpi pada suatu malam, ada dua laki-laki yang datang kepadaku. Keduanya berkata; “Malaikat yang menyalakan api adalah Malik sebagai penunggu neraka sedangkan aku adalah Jibril dan ini Mika’il“. HR al Bukhori
♦️Malaikat Mikail di antaranya ditugaskan untuk mengatur hujan, air sungai dan laut, membagikan rizki serta menumbuhkan tanaman.

3⃣Israfil
♦️Malaikat Israfil adalah salah satu pembesar malaikat, diantara tugasnya adalah meniup sangkakala pada hari kiamat dua kali, sebagaimana firman Allah ta’ala:
وَنُفِخَ فِی ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِی ٱلسَّمَـٰوَ ٰ⁠تِ وَمَن فِی ٱلۡأَرۡضِ إِلَّا مَن شَاۤءَ ٱللَّهُۖ ثُمَّ نُفِخَ فِیهِ أُخۡرَىٰ فَإِذَا هُمۡ قِیَامࣱ یَنظُرُونَ
[Surat Az-Zumar 68]
“Dan sangkakalapun ditiup, maka matilah semua makhluk yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi sangkakala itu maka seketika itu mereka bangun dari kuburnya menunggu keputusan Allah“.

4⃣Azrail
♦️Azrail adalah salah satu pembesar malaikat. Beliau adalah malak al mawt, artinya malaikat yang ditugaskan untuk mencabut nyawa.

♦️Azrail inilah yang dimaksud dalam firman Allah ta’ala:
قُلۡ یَتَوَفَّىٰكُم مَّلَكُ ٱلۡمَوۡتِ ٱلَّذِی وُكِّلَ بِكُمۡ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمۡ تُرۡجَعُونَ
[Surat As-Sajdah 11]
Katakanlah, malaikat maut yang diserahi untuk mencabut nyawamu akan mematikan kamu, kemudian kepada tuhanmu, kalian akan dikembalikan“.

⛔Waspadalah terhadap kelompok Wahhabi yang mengingkari bahwa nama malaikat mawt adalah Azrail.
☝️Karena nama malaikat mawt itu Azrail telah mujma’ alaihi (telah disepakati semua ulama).

والله أعلم بالصواب

رابطةالمبلغين النهضية كديري

t.me/ngajiaqidatulawam

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita