Ini Kata Ketum Pagar Nusa Atas Maraknya Gesekan Antar Perguruan di Kediri

NUKabkediri.or.id – Ketua Umum Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen, angkat bicara terkait maraknya gesekan dan tawuran antar perguruan beladiri yang terjadi di beberapa pekan terakhir ini, Sabtu (21/1/2023).

 

Sejumlah kejadian diantaranya terjadi di Kecamatan Ngadiluwih, (30/12/2022) lalu, hingga berdampak kerusuhan dan pembakaran pemukiman warga.

 

Pada kejadian tersebut, Nabil mempersilahkan kepada aparat hukum untuk menindak, apabila ada anggotanya terlibat dan terbukti bersalah dari peristiwa itu.

 

“Silahkan (menindak) saya tidak akan memberikan pembenaran kepada anak buah saya. Namun apabila anak buah saya di kriminalisasi, maka pelakunya akan saya kejar sampai kemanapun,” kata Nabil, saat menghadiri acara halaqah fiqih peradaban di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Sabtu (21/1/2023).

 

Dia mengungkapkan pada kejadian tersebut harus melihat secara utuh, dari sejumlah kasus yang ada sebelumnya. Bahwa yang terjadi ada dibeberapa kasus tidak ada kelanjutan laporan kepolisian sejumlah Polres.

 

Akibat tanpa kelanjutan itu, Nabil menyebut masyarakat tidak mendapatkan rasa keadilan, yang kmudian harus berlanjut di masyarakat.

 

“Kita hrs melihat secara utuh, dibeberapa Polres ada laporan kita tidak ditindak lanjuti. Ini juga harus entah Polda yang turun tangan atau sebagainya, untuk mengecek kenapa laporan berhenti dan tidak ditindak lanjuti,” jelasnya.

 

Menurutnya, sebagai insan pencak silat harus melihat pencao silat itu sebagai warisan budaya bangsa yang harus dijaga. Serta dirawat sebaik-baik.

 

Stigma masyarakat yang ada saat ini, dikatakan Nabil bahwa pencak silat melekat dengan gesekan dan tawuran, harus segera dikurangi. Salah satunya dengan cara memahami ajaran pelatih masing-masing.

 

Karena setiap perguruan pencak silat mengajarkan yang terbaik. “Tidak mungkin mengajarkan hal bersifat negatif seperti tawuran dan sebagainya. Kemudian oknum pencak silat yang ada diperguruan, diharapkan aparat kepolisian juga bertindak tegas secara adil. Apabila berbuat salah dtindak,” tambahnya.

 

Dia juga berpesan kepada para anggotanya Pagar Nusa untuk tidak berbuat negatif kepada orang lain. “Saya ingin titip pesan kepada anak buah saya Pagar Nusa, berpesan janganlah kita menyakiti orang lain, apabila kita tidak ingin disakiti. Dan jangan menghina orang lain apabila tidak ingin dihina orang lain,” pungkasnya.

 

 

Foto: Ketua Umum Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen ( anis/metaranews)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *