Hari Santri Nasional Digelar di Lapangan Canda Bhirawa , Pemerintah Harapkan Santri Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan

news, PCNU, PCNU211 Views

NUkabkediri.or.id – Pemerintah Kabupaten Kediri bersama para ulama dan  santri menggelar upacara Hari Santri tahun 2022. Dengan memakai sarung dan peci, ratusan santri dari berbagai pondok pesantren, lembaga pendidikan Islam dan organisasi Islam se-Kabupaten Kediri mengikuti upacara Hari Santri di Lapangan Canda Bhirawa, Pare, Kabupaten Kediri. Sabtu (22/10/2).

Peringatan Hari Santri tahun 2022 ini berlangsung khidmat, mengusung tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pejabat Sekretaris Daerah Ir. Adi Suwignyo, M.Si., hadir pula jajaran Forkompimda serta para ulama, dan perwakilan Legiun Veteran Indonesia.

Sejarah Hari Santri didasari oleh pertimbangan Presiden bahwa ulama dan santri pondok pesantren memiliki peran besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia yang dikenal dengan Resolusi Jihad. Para ulama dan santri juga dianggap punya peran dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengisi kemerdekaan setelah lepas dari tangan penjajah, maka dari itu setiap tanggal 22 Oktober diperingati  sebagai Hari Santri Nasional.

Dalam sambutannya Bupati Kediri melalui Pj. Sekretaris Daerah Ir. Adi Suwignyo, M.Si., menjelaskan makna dari  tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’, yakni santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah ajaran agama.

 

“Saya sangat berharap kepada santri dan tokoh alim ulama untuk bisa menjadi garda terdepan dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai perekat masyarakat,” ucapnya.

“Seorang santri harus selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama merupakan mata air yang selalu mengalirkan inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan,” imbuhnya.

Upacara tersebut ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan pertunjukan atraksi Marching  Band Juara Lomba Hari Santri, serta beberapa pertunjukan oleh para santri se-Kabupaten Kediri

Pada kesempatan yang sama, Pj Sekda Kabupaten Kediri secara simbolis menyerahkan piagam penghargaan kepada beberapa peraih pemenang lomba pada rangkaian peringatan Hari Santri tahun 2022, di Stadion Canda Bhirawa Pare Kabupaten Kediri. (dul)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *