KH. Zainuddin Djazuli , Pengasuh Ponpes Al Falah Ploso Mojo Kediri Berpulang

news, PCNU152 Views

Nukabkediri.or.id- Innalillahi wainba ilaihi rooji’un – telah berpulan ke Rahmatullah KH. Zainuddin Djazuli atau biasa akrab dipanggil Gus Dien pengasuh Pesantren Al Falah Ploso Mojo  Kediri. KH. Zainuddin Djazuli meninggal setelah mendapat perawatan di RS dr. Iskak Tulungagung pada Sabtu siang (10/7). Zainuddin Djazuli juga merupakan kakak kandung almarhum kiai kharismatik Gus Miek /KH Hamim Djazuli. Meninggalnya  KH. Zaenudin Djazuli juga menambah deretan Kiai yang meninggal di masa pandemi ini.

 

Kabar meninggalkanya ulama Kharisamtik tersebut dibenarkan oleh Gus Fikri, salah satu cucu KH Zainuddin Djazuli,” Innaliillahi wainna ilaihi rooji’un, Kiai Din sampun kapundut, Alfatihah. Kulo suwun tidak hadir di Ponpes Al Falah dan mendoakan Kiai dari kediaman masing-masing ,” kata Gus Fickri singkat saat dikonfirmasi. Meninggalnya K KH. Zainuddin Djazuli juga menjadikan duka mendalam keluarga besar Ponpes Al Falah Ploso Mojo Kediri dan puluhan ribu santri Ponpes Al Falah.

 

Dari catatan merdeka.com  KH. Zainuddin Djazuli merupakan sosok kiai yang sangat padat dalam mengajar, dalam sehari beliau bisa mengajar 5 pelajaran di pesantren. Ba’da subuh beliau mengajar Kitab Asymuni Sarah Al fiyah (ilmu lughot). Sore beliau mengajar Kitab Fathul Qorib (fiqih), Kitab Ta’lim (moral), Kitab Bidayah (tasawuf dasar), dan Ba’da Maghrib beliau mengajar Kitab Ihya’ Ulumuddin (tasawuf tinggi), Shohih Muslim (Hadis). Selain mengajar KH. Zaenudin Djazuli merupakan sesepuh pengurus PBNU dan PWNU Jawa Timur .

 

Selain itu yang istimewa dari KH. Zainuddin Djazuli adalah di rumah dan mobilnya selalu disediakan kain kafan jika ada tetangga di lingkungan pesantren yang meninggal dunia. Kebiasaan itu telah puluhan tahun dijalankan beliau.

 

KH. Zainuddin Djazuli merupakan seorang kiai yang tegas, lugas, disiplin, wibawa, berani mengambil resiko, berjiwa pembaharu. Tahun 1960 – 1966 beliau memimpin konfrontasi langsung dengan PKI. Tahun 1975-1985, beliau mendirikan bangunan Yasir Arafat disusul Al Falah 2. Tahun 1992, beliau mendirikan KBIH. Tahun 1995 beliau menggagas berdirinya Poliklinik Pondok Pesantren dengan konsep pendanaan gotong royong seluruh santri. Selamat jalan Kiai . (aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *