by

LKNU Kab.Kediri Bhakti Sosial Donor Darah di Masa Pandemi

nukabkediri.or.id – UPZIS MWC NU Kras beserta LKNU MWC NU Kras dibawah naungan PC LKNU Kab.Kediri bekerja sama dg PMI Kab. Kediri melaksanakan Bhakti Sosial Donor darah.

di awal tahun 2021 dengan adanya pandemi virus Covid-19 yang masih belum berakhir membuat antusias pendonor darah makin menurun. Akibatnya stok darah di PMI Kabupaten Kediri mengalami penurunan. Kesulitan untuk mendapatkan pendonor ini memang terasa sejak masa pandemi Covid-19, terutama pada bulan-bulan awal masa pandemi.
Adanya hal tersebut maka UPZIS MWC NU Kras beserta LKNU MWC NU Kras dibawah naungan PC LKNU Kab.Kediri bekerja sama dengan PMI Kab. Kediri melaksanakan Bhakti Sosial Donor darah di kantor MWC NU KRAS (Selasa 19/01/2021). Ada 82 pendonor yang ikut serta dalam kegiatan tersebut kemudian terseleksi menjadi 80 pendonor (kantong darah) yang lolos tes kesehatan. Agenda Donor Darah tersebut dilaksakan secara rutin 3 bulan sekali. Alhmdulillah kegiatan ini sdh berlangsung 4 kali putaran setiap 3 bulan sekali, harapannya kegiatan ini terus berjalan setiap 3 bulan sekali secara terus menerus untuk membantu sesama.
Dari beberapa sumber disebutkan bahwa mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah. Dengan diadakan kegiatan Rutin ini yang dilaksanakan ke empat kalinya diharapkan terbentuk kepedulian sesama, saling gotong royong, bahu membahu demi kepentingan umat bersama. (ulf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita