Kesunnahan di hari Jum’at

Gerakan Pemuda Ansor Ranting Turus Gurah, malam ini mengadakan rutinan yang diisi dengan tahlil dan istighotsah serta mauidhoh Hasanah.

Bertindak sebagai pengisi mauidhoh, ustadz Jakfar Syaifuddin memberikan ulasan tentang kemuliaan hari Jum’at diantaranya mengutip dari Kitab I’anah Thalibin Juz II hal. 71 (Haramain)

(فائدة) عن ابن عمر وأنس بن مالك رضي الله عنهم قالا قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن تحت العرش مدينة وقال القرطبي في تفسيره سبعين مدينة مثل الدنيا سبعين مرة مملوءة من الملائكة كلهم يقولون اللهم اغفر لمن اغتسل يوم الجمعة وأتى الجمعة وقال صلى الله عليه وسلم إن الغسل يوم الجمعة ليسل الخطايا من أصول الشعر استلالا ) رواه الطبراني(

Diriwayatkan dari Ibnu Umar dan Anas bin Malik R.A berkata, bersabda Rasulullah SAW, Sesungguhnya di bawah Arasy ada satu kota. Berkatalah imam Qurtubi dalam tafsirnya ada 70 kota. Tiap-tiapnya kota sebesar 70 kali dunia ini serta dipenuhi oleh segala malaikat semuanya mengucapkan :

اللهم اغفر لمن اغتسل يوم الجمعة وأتى الجمعة

Artinya : Ya Allah.. ! ampunilah bagi orang-orang yang mandi hari jum’at serta datang menunaikannya

Rasulullah SAW Bersabda :

Sesungguhnya mandi jumat akan menghapus segala dosa (kecil) hingga ke ujung rambut (seluruh tubuh). (HR.Imam Thabrani)

Itulah sebagian dari istimewanya hari Jum’at dan masih banyak yang lain seperti berangkat lebih awal melalu jalan yang lebih jauh dan pulang lewat jalan terdekat, memakai wewangian dan pakaian putih terbaik.

Menutup uraian tentang keutamaan Hari Jumat, ustadz Jakfar Syaifuddin mendoakan kita semua semoga mendapat pertolongan Allah bisa mengisi hari Jum’at dengan kesunnahan-kesunnahan seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah صل الله عليه وسلم

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *