by

Ngaji Matan Abi Syuja’ (Matn al Ghoyah wa at Taqrib) 19*

قال المؤلف رحمه الله: فصل والاغتسالات المسنونة سبعة عشر غسلا غسل الجمعة والعيدين والاستِسقاءِ والخسوفِ والكسوفِ والغسلُ من غسل الميت
“Pasal: Mandi-mandi yang disunnahkan itu ada tujuh belas, yaitu mandi Jum’at, mandi dua hari raya, mandi istisqa’, mandi gerhana bulan dan matahari, mandi setelah memandikan mayit”

Penjelasan**
✅ Dalam pasal ini al Muallif menjelaskan tentang mandi-mandi yang disunnahkan.
♦️Mandi sunnah ada tujuh belas, berdasarkan yang disebutkan oleh Muallif kitab ini, karena mandi sunnah lebih dari itu.
1⃣ Mandi Jum’at
♦️Mandi pada hari Jum’at sunnah bagi orang yang akan hadir dalam shalat Jum’at, baik bagi orang yang shalat Jum’at wajib atau tidak.
♦️Waktu pelaksanaan mandi Jum’at mulai dari terbitnya fajar Shodiq
♦️Bagi orang yang meninggalkan mandi Jum’at dengan tanpa udzur maka dimakruhkan shalat Jum’atnya
☝️Orang yang tidak mampu untuk mandi maka disunnahkan tayamum
☝️Orang yang junub pada hari Jum’at maka cukup baginya untuk mandi satu kali dengan niat mandi junub dan mandi jumat
💛Rasulullah ﷺ bersabda:
غسلُ الجمعة واجبٌ على كل محتلمٍ
“Mandi Jum’at itu wajib bagi orang yang bermimpi mengeluarkan mani”.
☝️Artinya kesunnahannya dikuatkan (muakkad)
2⃣ Mandi Dua Hari Raya
☝️Yakni mandi hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
☝️Waktu pelaksanaan mandi hari raya mulai dari tengah malam
3⃣Mandi Istisqa’
☝️Disunnahkan mandi sebelum melaksanakan shalat Istisqa’ yaitu shalat meminta siraman hujan kepada Allah.
4⃣ Mandi sebelum shalat gerhana bulan (khusyuf) dan gerhana matahari (Kusuf).
5⃣ Mandi setelah memandikan mayit
✔️Sebagian ulama seperti al Imam Al Awza’i mengatakan mandi setelah mandikan mayit adalah wajib. Pendapat ini didasarkan pada hadits at Tirmidzi:
من غسل ميتا فليغتسل ومن حمله فليتوضأ
“Barang siapa yang memandikan mayit maka hendaknya dia mandi dan barang siapa yang membawanya maka hendaknya dia berwudlu”.
✔️Al Imam Ahmad mengatakan hadits itu mawquf pada Abu Hurairah, karena itu beliau tidak mewajibkan mandi setelah memandikan mayit.
✔️Sedangkan al Imam as Syafi’iy mengatakan: Seandainya haditsnya Shahih pasti aku berpendapat wajibnya mandi setelah memandikan mayit.

والله أعلم بالصواب
#DAKWAH LDNU KAB KEDIRI
t.me/KitabMatanAbuSyuja

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Umpan Berita