Ngaji Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jam’ah Karya Hadlratus Syaikh Hasyim Asy’ari 15

قال المؤلف رحمه الله تعالى:
قال القاضي عياض في الشفا: وكان معظم فسادهم على الدين. وقد يدخل في أمور الدنيا بما يلقون بين المسلمين من العداوة الدينية التي تسرى لدنياهم. قال العلامة ملا على القارى في شرحه: وقد حرم الله تعالى الخمر والميسر لهذه العلة كما قال تعالى {إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ }.
“Al Qodli Iyadl dalam kitab as Syifa berkata: Kebanyakan kerusakan mereka (Wahhabi) adalah pada masalah agama, dan telah masuk dalam urusan-urusan dunia dengan permusuhan keagamaan yang telah mereka sebarkan pada umat Islam, sehingga persoalannya merembat pada urusan dunia mereka. Al Allamah Mula Ali al Qori telah berkata dalam syarahnya: Allah telah mengharamkan khomr dan judi karena illah ini (menyebabkan permusuhan) berdasarkan firman Allah ta’ala:
إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ
“Sesungguhnya setan menginginkan untuk menimpakan permusuhan dan kebencian di antara kalian dalam khomr dan perjudian”


Catatan
🍎Keberadaan Wahhabi bukan hanya membahayakan ajaran agama yang sesat dan menyesatkan umat, tetapi juga merembet pada persoalan dunia.
☝️Karena dengan mengatas namakan ajaran agama yang diselewengkan mereka menanamkan benih-benih permusuhan di tengah-tengah umat Islam, sehingga menimbulkan permasalahan sosial dan keamanan di tengah-tengah masyarakat.
🍎Wahhabi diserupakan dengan khomr dan perjudian
👍Khomr dan perjudian diharamkan karena keduanya *bisa menimbulkan permusuhan di tengah umat Islam*
👍Wahhabi juga harus dijauhkan dari tengah umat Islam karena keberadaan mereka *juga dapat menimbulkan permusuhan di tengah umat Islam*.

والله اعلم بالصواب
#LDNU KAB KEDIRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *