by

Ngaji Matan Abi Syuja’ (Matn al Ghoyah wa at Taqrib) 55

قال المؤلف رحمه الله
ونيةُ الخروج من الصلاة وترتيبُها على ما ذكرناه
“Niat keluar dari shalat dan mengurutkan rukun-rukunnya sesuai dengan yang telah kami sebutkan”

Penjelasan
✅ Rukun shalat yang ke tujuh belas sesuai dengan yang disebutkan oleh al Qodli Abu Syuja’ adalah niat untuk keluar dari shalat.
☝️Namun pendapat ini adalah pendapat yang dloif (lemah). Pendapat yang mu’tamad berniat keluar dari shalat bersamaan dengan mengucapkan salam adalah sunnah, bukan fardlu.
☝️Namun jika seseorang mendahulukan niat keluar dari shalat sebelum mengucapkan salam maka batal shalatnya.

✅ Rukun shalat yang ke delapan belas adalah adalah tartib (mengurutkan rukun-rukunnya sebagaimana telah disebutkan)
☝️Apabila seseorang meninggalkan tartib secara sengaja, yaitu dengan mendahulukan rukun fi’li (rukun perbuatan) dari rukun perbuatan yang lain maka batal shalatnya.
☝️Demikian juga apabila seseorang mendahulukan membaca salam dari rukun yang lain maka batal shalatnya.

🍅 Apabila seseorang lupa melakukan rukun sehingga menjadi tidak berurut, maka rinciannya sebagai berikut:
1⃣ jika dia belum sampai pada rukun yang sama dengan rukun yang dia tinggalkan maka dia harus kembali pada rukun yang telah dia tinggalkan.
☝️Misalnya, seseorang membaca surat al Fatihah kemudian dia langsung turun untuk sujud, dia lupa tidak ruku’. Ketika dia sujud dia ingat bahwa dia belum ruku’ maka dia harus kembali berdiri kemudian ruku’, i’tidal, kemudian sujud dan seterusnya.

2⃣ Jika dia sudah sampai pada rukun yang sama dengan rukun yang telah ditinggalkan atau setelahnya, dia baru ingat maka dia melanjutkan shalatnya dan menambah satu rekaat setelahnya.
☝️Misalnya, dia lupa rukuk dan baru ingat bahwa dia belum ruku’ pada ruku’ di rekaat berikutnya atau pada waktu sujud di rekaat berikutnya, maka dia melanjutkan shalatnya kemudian menambah satu rekaat lagi
☝️Dan perbuatan shalat diantara rukun yang dia lupakan sampai pada rukun yang dia ingat dianggap tidak ada sehingga dia harus menambahi 1 rekaat.

والله اعلم بالصواب
#DAKWAH LDNU KAB KEDIRI
Https://t.me/KitabMatanAbuSyuja
Https://t.me/ldnupckediri

Umpan Berita